Artikel
Artikel TMS
Usia Muda Tak Surutkan Semangat dalam Industri Perfilman

Perfilman ? Apa sih film ? Seringkali orang bertemu wicara dengan kata “ film “, tapi tahukah secara detail sejarah dan definisi kata terkait ? Lantas, bagaimanakah perkembangan industri perfilman hingga saat ini ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, film dapat diartikan dalam dua pengertian. Yang pertama, film adalah sebuah selaput tipis berbahan seluloid yang mana digunakan untuk menyimpan gambar negatif dari sebuah objek. Yang kedua, film diartikan sebagai lakon atau gambar hidup. Dalam konteks khusus, film diartikan sebagai lakon hidup atau gambar gerak yang biasanya juga disimpan dalam media seluloid tipis dalam bentuk gambar negatif atau juga bisa dalam media digital. Sejarah film tak bisa lepas dari sejarah fotografi dan peralatan pendukungnya seperti kamera. Kamera pertama di dunia ditemukan oleh seorang ilmuwan Muslim, Ibnu Haitham. Lalu dimulailah adanya perkembangan fulm dengan digunakannya alat kinetoskop temuan Thomas Alfa Edison yang pada masa itu digunakan oleh penonton individual. Film awal masih bisu dan tidak berwarna.

Memang perjalanan perkembangan film bisa dibilang cukup panjang hingga akhirnya menjadi seperti film di masa kini yang kaya akan efek dan sangat mudah didapatkan sebagai media hiburan. Peran serta aktif dan pasif industri perfilmanlah yang turut mendongkrak perkembangan popularitas suatu karya film sehingga tak heran bermunculan seabrek industri perfilman tanah air.

Salah satunya adalah Perseroan Terbuka ( PT ) Trilogi Media Sinema ( TMS™ ). PT. Trilogi Media Sinema dibentuk pada tahun 2012 oleh Findra Winardi, S.T. yang lebih dikenal luas dengan sapaan CakEdotz. Beliau mempunyai kerinduan untuk menyampaikan untaian kisah yang inspirasional, religius dan mengedepankan nilai moralitas pada masyarakat. Dari keinginan inilah, Trilogi Media Sinema / TMS™ terbentuk.

Proyek pertamanya adalah “Negeri Muara Langit” ( 2012 ), sebuah serial televisi untuk TVRI. Seiring dengan perkembangan, industri terkait juga telah bekerjasama dengan ANTV dalam pembuatan program Wisata Hati ANTV ( 2012 ) bersama Ustadz Yusuf Mansur, Spacetoon TV dalam pembuatan program Sahabat Qur'an ( 2012 ), TVRI dalam pembuatan program Para Penghafal Al Quran ( 2013 ) serta masih banyak lagi. Sejak didirikan telah diupayakan sebaik mungkin agar menjadi salah satu pemeran utama di dunia perfilman dan pertelevisian Indonesia. Cakupan dan pertumbuhan perusahaan bisa dikatakan bertumbuh pesat dengan portfolio lebih dari 10 judul program untuk televisi lokal maupun nasional dengan ratusan jam tayang program untuk televisi. Trilogi, yang mengandung 3 makna yang mana menggambarkan secara tepat visi dari perusahaan. Sebuah campuran sempurna antara nilai moral, seni dan dagang melalui medium film. Selayaknya telah disebutkan sebelumnya, kerinduan akan menyampaikan runtutan album kehidupan yang inspirasional, religius dan mengedepankan nilai moralitas pada masyarakat, merupakan fondasi utama perusahaan untuk mengembangkan sebuah serial televisi atau film layar lebar.

Sebuah kisah inspirasional bersifat subjektif dengan selera orang, namunperusahaan tersebut mengedepankan adanya kekhasan diantara yang lain dalam cara bercerita. Gaya cerita yang digambarkan sebagai kombinasi dari artistik dan komersil sebagai penarik perhatian untuk berbagai usia dan latar belakang. Eksklusif tetapi mudah dijangkau, menjadi kriteria untuk disaksikan khalayak luas. Proses pengerjaan dan promosi pun dikesankan tanpa intimidasi publik dan pemirsa dianggap sebagau mitra secara maksimum. Demikian ikrar PT. Trilogi Media Sinema untuk meneruskan kontribusi-kontribusi ke dalam industri perfilman Indonesia dengan selalu mencari dan memberi kesempatan bagi darah-darah baru, terobosan baru dalam presentasinya dan tentunya album kisah aktual yang inspirasional, religius dan mengedepankan nilai moralitas pada masyarakat.

Konseptualitas itulah disongsong oleh pemilik yang biasa disapa CakEdotz. Beliau sendiri sudah cukuplah lama berkecimpung dan berkarir selama sekiranya 10 tahun, dalam dunia industri perfilman dan pertelevisian dengan beragam ular tangga pengalaman hidup. Pria kelahiran 1 Mei yang mana pernah menduduki pendidikan di SMA Negeri 1 Talun kota Blitar angkatan 1993 dan Universitas Gajayana Malang pada Teknik Elektronika masih dibilang muda, namun semangatnya membara bak sang jago merah.

Presented by Ayu Yulia Yang

Silahkan tunggu, proses halaman ...